- Dewan Pengurus Daerah Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia Provinsi D.I. Yogyakarta -
Google
 

Tanggung Jawab Rekanan; Ambruknya Gelagar Jembatan Kebon Agung II

Ambruknya gelagar atau balok Jembatan Kebon Agung II masih menjadi tanggung jawab rekanan. Sampai sekarang Pemprov DIY belum mengeluarkan anggaran untuk pembangunan jembatan itu."Kami juga belum bayarkan karena pekerjaan belum selesai," terang Kabid Bina Marga Dinas Permukiman Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Provinsi DIY Tjipto Haribowo di kantornya kemarin.

Tjipto menjelaskan, pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo dengan Desa Kebon Agung, Minggir, Sleman, itu dianggarkan Rp 7 miliar. Target pengerjaan dibatasi hingga 31 Desember 2007.

Rekanan yang menggarap proyek itu adalah PT Hutama Karya, sebuah BUMN di bawah Departemen Pekerjaan Umum. Sedangkan pengadaan gelagar dikerjakan BUMN lainnya, PT Wijaya Karya. "Gelagarnya itu pabrikan yang dibuat di Boyolali. Jadi bukan dibuat di lokasi," jelas pejabat asal Malang, Jatim, ini. Karena menjadi tanggung jawab rekanan, maka gelagar yang ambruk itu wajib diganti.Disinggung soal penyebab ambruknya gelagar,

Tjipto menerangkan pemasangan gelagar itu dikejar oleh waktu. Pemasangan mestinya dilakukan dua buah untuk penyeimbang sekaligus pengikat tali gelagar. Tali dipasang untuk menghindari terjadi goyangan.Sial, baru dipasang satu buah, di lokasi terjadi banjir. "Gelagar yang satu belum dipasang, yang lain sudah keburu ambruk. Untung di lokasi tidak ada orang, sehingga tidak membahayakan," terangnya.

Anggota Komisi C DPRD DIY Tri Harjono mengatakan untuk mengetahui penyebab ambruknya gelagar harus dilihat ke lokasi. Dia khawatir jangan-jangan ambruknya gelagar itu lebih karena bangunannya tidak memenuhi syarat. "Ini yang harus kami teliti," ucap anggota dewan asal daerah pemilihan Kulonprogo itu.

Sedangkan anggota Dewan Provinsi asal Sleman Sudradjat Selorudjito menyesalkan kejadian itu. Sudradjat juga menyoroti soal keselamatan kerja. Ketua FPAN ini akan meminta Komisi C secepatnya turun ke lapangan meninjau lokasi. (kus) www.jawapos.co.id