- Dewan Pengurus Daerah Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia Provinsi D.I. Yogyakarta -
Google
 

Jembatan Bantar III Telan Dana Rp 14 M

Jembatan Bantar III yang melintang di atas Sungai Progo sepanjang 220 meter menghabiskan dana Rp 14 miliar bersumber dari APBN. Pembangunan jembatan tersebut dimulai 2006 dengan lebar 10 meter dan bobot maksimal 350 ton per pilar penyangga.

Proyek pembangunan jembatan Bantar III tersebut telah memasuki tahap akhir. Jembatan penghubung Kulonprogo-Bantul tersebut dipastikan segera dioperasionalkan.

"Kapan pengoperasian jembatan tersebut bukan kewenangan kami," kata Pelaksana Proyek Pembangunan Jembatan Bantar III dari PT Yasa Patria Perkasa Nanang Setiyana.

Jembatan tersebut merupakan jembatan ketiga. Yang pertama merupakan jembatan yang dibangun pada masa pendudukan tentara Jepang. Sedangkan jembatan kedua dibangun setelah jembatan Bantar I tersebut tidak mampu lagi menerima beban lalu lintas yang semakin berat.

Kemudian setelah jembatan Bantar II pun tidak lagi mampu menampung kepadatan lalu lintas maka jembatan Bantar III pun dibangun.

Proyek pembangunan jembatan Bantar III sudah diserahkan kepada Dinas Pemukiman, Prasarana dan Wilayah (Kimpraswil) Provinsi DIY pada pertengahan Desember 2007. "Lebih cepat setengah bulan dari jadwal," kata Nanang.

Kewenangan pengoperasionalan jembatan Bantar III kini di tangan provinsi. Pemkab dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dibebani pemasangan instalasi listrik dan beaya pemeliharaan dan perawatannya. (iwa) http://www.jawapos.co.id/