- Dewan Pengurus Daerah Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia Provinsi D.I. Yogyakarta -
Google
 

PELEBARAN DAN PENINGGIAN TOL BANDARA BUTUH RP 800 MILIAR

Salah satu solusi untuk mengatasi genangan banjir jalan tol yang menghubungkan Jakarta ke Bandara Sorkarno-Hatta akan dilebarkan dengan dua lajur di sisi kanan dan kiri. Diperkirakan kebutuhan dana untuk melebarkan jalan tol ini mencapai Rp 800 miliar.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak di Jakarta Selasa (5/2). Departemen PU melalui PT Jasa Marga akan melebarkan dan meninggikan jalan tol sepanjang 7 Km dari Pluit sampai Kamal, mulai Maret 2008.

Pelebaran jalan ini nantinya ditinggikan antara 1,5 – 2 meter, dengan tiang-tiang penyangga agar air di sisi kiri dan kanan bisa mengalir serta tidak menggenangi jalan. Sekarang ini PT Jasa Marga sebagi pengelola sedang melakukan tender untuk menentukan siapa kontraktor yang akan mengerjakan pembangunan tersebut.

“Diharapkan pada akhir tahun 2008 ini pelebaran jalan tol Sedyatmo sudah bisa dirampungkan,” ujar Hermanto Dardak.

Menurut Hermanto Dardak dengan pelebaran dan peninggian jalan tol ini diharapkan bisa mengatasi arus lalu lintas dari dan ke Bandara tanpa harus terganggu dengan banjir.

“Bila pelebaran dan peninggian ini selesai, maka volume kendaraan 100.000 unit setiap hari bisa lancar walaupun musim hujan” ungkap Dirjen Bina Marga.

Sebenarnya untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta lanjut Hermanto, ada beberapa jalan alternatif yang bia dilewati. Jalan-jalan tersebut adalah melalui Jalan tol Jakarta – Tangerang dan belok di Cikokol –masuk ke pintu M1 (pintu belakang) Bandara.

Dari belokan kearah Cikokol juga bisa melalui Jl Pembangunan Halim Perdana Kusuma diatur menjadi satu arah dan masuk ke Bandara. Untuk memperlancar arus di Tangerang, Departemen PU telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 70 milyar untuk membangun flyover Sudirman, dan diharapkan Mei ini sudah selesai dikerjakan.

Selain itu pengguna jalan yang akan ke Bandara nantinya bisa melewati Jalan Lingkar Luar Jakarta (JORR) seksi II Kunciran – Serpong dan jalan tol Penjaringan – Kebon Jeruk (W1), Ulujami – Kebun Jeruk (W2) yang saat ini didorong untuk dipercepat penyelesaiannya. Diharapkan tahun depan ruas-ruas ini sudah dapat diselesaikan.

Sebagai gerbang masuk ke Indonesia Bandara Cengkareng dilayani jalan nasional yaitu jalan tol Sedyatmo. Demikian juga Pelabuhan Tanjung Priok. Pelayanan jalan Bandara sebenarnya sebagian dari sistem jalan di DKI Jakarta dan Jabodetabek. Sistem ini berbentuk lingkar dan regional. Untuk ke bandara dengan jalan lingkar dalam yaitu jalan dari Cawang ke Pluit lalu masuk ke Jalan Sedyatmo. Jalur lain dari Cawang bisa melalui Tanjung Priok- Pluit lalu ke Jalan Sedyatmo. (Sr) www.pu.go.id